Profile And Biography Coldplay

Coldplay adalah band rock alternatif yang dibentuk di London, Inggris, pada tahun 1996. Band ini terdiri dari Chris Martin sebagai vokalis, gitaris Jonny Buckland, bassis Guy Berryman dan Will Champion drummer.




kalian tentunya tidak asing lagi dengan band Fenomenal yang satu ini Coldplay adalah grup musik rock alternatif yang dibentuk di London pada tahun 1996. grup musik ini terdiri dari 4 personil Chris Martin vokalis | Jonny Buckland gitaris | Guy Berryman bassis dan Will Champion drummer.

Coldplay menjadi terkenal dengan dirilisnya singel Yellow pada tahun 2000 dan dilanjut dengan album debut mereka yang dirilis pada tahun yang sama Parachutes, yang masuk ke nominasi Mercury Prize. Album ke 2 mereka A Rush of Blood to the Head 2002 memenangi beberapa penghargaan termasuk Album of the Year dari NME. 

Sementara singel Clocks dari album ini memenangi penghargaan Record of the Year di Grammy Award ke-46. Album selanjutnya X&Y menjadi album terlaris di dunia pada tahun 2005. Album ke-4 mereka Viva la Vida atau Death and All His Friends (2008), diproduksi oleh Brian Eno dan mendapat tanggapan positif serta memenangi beberapa nominasi Grammy Award dan menang pada Grammy Award ke-51. 


Pada tahun 2011 Coldplay merilis album ke-5 mereka Mylo Xyloto yang mendapat tanggapan positif beragam, memuncaki tangga album di 34 negara dan merupakan album rock terlaris di Britania Raya tahun 2011. Pada Maret 2014 mereka mengumumkan album ke-6 mereka yang berjudul Ghost Stories dan dirilis pada 19 Mei 2014.

Semua anggota personil Coldplay dulunya belajar di University College London. Chris melakukan kursus di Sejarah Kuno, Jon membaca Matematika dan Astronomi, Will adalah seorang antropolog dan Guy adalah pelatihan untuk menjadi seorang insinyur.

Pada tahun 1998 Coldplay merilis EP pertama mereka, dengan biaya sendiri. Hanya lima ratus eksemplar dibuat. sebagian mereka menyerahkan kepada keluarga dan teman-teman, dan hanya tersisa lima puluh eksemplar untuk distribusi di sekitar London.


Yellow adalah hits single pertama dari Coldplay, dan setelah kinerja kritis diakui di Glastonbury Festival pada tahun 1999, trek lagu mereka langsung menduduki tangga lagu ke 4 dan masuk ke chart album nomor satu hanya beberapa minggu kemudian.


Lead single Viva la Vida secara eksklusif dirilis di iTunes dan menjadi band pertama Inggris nomor satu berdasarkan download saja. Album ini juga menduduki puncak tangga lagu tiga hari setelah dirilis, menjadi salah satu catatan penjualan tercepat dalam sejarah Inggris menurut BBC.


Pada awal tahun 2011 Chris Martin mengatakan kepada BBC Radio tentang album baru Ini tentang cinta, kecanduan, OCD, melarikan diri dan bekerja untuk orang yang tidak Anda sukai. Dia tidak mengkonfirmasi tanggal rilis tetapi mengumumkan kelompok akan membuat beberapa penampilan festival.

Single Every Teardrop adalah Waterfall dirilis pada tanggal 3 Juni 2011 dan album Mylo Xylto dirilis pada tanggal 24 Oktober dan langsung menduduki puncak tangga lagu di lebih dari 24 negara. Album terbaru mereka Ghost Stories akan dirilis Mei 2014.


1 comments:

Post a Comment